Minggu, 22 Januari 2012

TIPS & TRIK (2)

TIPS DAN TRIK UNTUK MENJADI PENULIS BESAR
Ada seorang yang pernah berkata kepada saya, bahwa : “Pe'radaban hanya akan diisi oleh dua hal, yaitu tinta merah mujahid dan tinta hitam syuhada.”
‘Tinta merah mujahid’ Yang dimaksud disini ialah darah para mujahid yang gugur dimedan perang melawan musuh. Ini merupakan bentuk perlawanan orang-orang jaman dahulu untuk melawan penjajah dan mengusirnya. Sementara ‘tinta hitam syuhada’ disini ialah tulisan para penulis yang berjuang melalui tulisannya. Mereka mengkritik pemerintah, memberi saran, membantu menyelesaikan masalah yang ada melalui tulisannya.
“Tak ada resep yang lebih baik untuk menjadi penulis, kecuali menulis sekarang juga!” (Mohammad Fauzil Adhim)
Dari kata diatas dapat kita pahami bahwa jika ingin menjadi penulis yang baik adalah dengan menulis sekarang juga. Tak perduli bagaimana bentuk tulisan kita saat ini, tak peduli bagaimana bahasa yang dihasilkan dari tulisan kita saat ini, yang penting adalah menulis. Karena dengan begitu, kita akan terlatih dan terbiasa untuk menulis. Jika sudah terbiasa maka apa pun ide yang ada dalam benak kita akan keluar begitu saja dengan lancar bagai air yang mengalir. Dengan menulis kita akan belajar mengetahui letak kesalahan-kesalahan kita dan mencoba untuk memperbaikinya. Seperti yang sedang saya lakukan sekarang ini, tak peduli bagaimana bentuk tulisan yang saya hasilkan yang penting nulis. Karena dari sinilah kita mulai belajar.
“Innala’malu bin niat” sepertinya filosofi ini tidak akan pernah terlupakan dsat kita melakukan sesuatu. Termasuk juga dengan menulis. Konsistensi dalam menulis adalah tergantung dari niat penulisnya. apabila seorang penulis berniat menulis hanya untuk mendapatkan sensasi atau pujian dari teman, kerabat dan lain sebagainya maka dapat dipastikan kegiatan menulis ini tidak akan bertahan lama. Berbeda dengan apabila seseorang menulis dikarenakan kesenangan dan kecintaannya dalam bidang menulis. Dia akan senantiasa menulis meskipun hanya sedikit. Nah, disini kita diberikan pilihan. Apakan akan menjadi penulis yang hanya mencari sensasi atau sebagai hobi/kesenangan/kecintaan terhadap menulis.
Setelah kita menentukan pilihan, hal yang perlu dilakukan selanjutnya ialah memulai menulis dengan tema yang sudah kita kuasai. Jangan sekali-kali anda menulis dengan tema yang tidak anda kuasai sebab nanti akan membuat analisis dalam tulisan kita tidak mendalam dan makimal. Nah, untuk dapat menguasai tema maka kita di wajibkan untuk membaca hal-hal yang terkait dengan tema yang kita pilih. Bentuk tulisan yang dibaca bebas sesuai dengan tujuan kita menulis. Misal dalam bentuk artikel, buletin, buku, koran, majala, dll. Dengan membaca maka akan memperkaya ilmu dan pengetahuan yang kita meliki sehinga nantinya kita dapat menganalisis tulisan kita secara mendalam.

Sumber : Talkshow Kepenulisan oleh Bp. Sudaryanto, S.Pd. di Ruang KHD, FIS.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar