Selasa, 14 Februari 2012

CERITA





Tahu kah anda???? TAHUKAH ANDA??????????
Angsa memiliki sifat penyayang dan kesetiaan yang amat tinggi. Angsa hanya memiliki satu pasangan seumur hidupnya, dan angsa jantan akan slalu setia menemani sang betina dimanapun. Ketika mencari makan pun mereka selalu bersama. Bahkan ketika sang betina sedang mengerami telurnya, sang jantan akan setia menemaninya. Dalam merawat anaknya pun mereka lakukan berdua.
Pernah saya temui suatu kejadian dimana ketika anak angsa ini mati karena suatu hal, maka kedua induknya akan selalu berada di dekat anaknya. Meski sudah mati, dan angsa ini akan bersuara nyaring sekali seolah ingin memberi tahu orang agar menolong sang anak angsa. Hal ini benar-benar terjadi dan saya alami sendiri. Anak angasa saya mati di kebun tetangga dan kedua angsa saya yang merupakan induk dari angsa yang mati bersuara sangat berisik di kebu tetangga saya. Setelah di lihat oleh ibu saya, ternyata angsa saya sedang menunggui anaknya (anak angsa) yang sudah terbujur kaku di depannya seolah menangisi kepergian anaknya.

Ketika angsa tersebut di giring pulang, angsa tersebut tidak mau pulang tapi justru ingin menyakiti ibu saya denagn cara khas angsa yaitu nyethot (saya tidak tahu bahasa bakunya). Kemudian setelah ibu saya membawa serta anak angsa itu pulang, barulah kedua induk angsa mau diajak pulang juga. Dari sini saya dapat menyimpulkan bahwa angasa tersebut memiliki rasa kasih sayang dan kesetiaan yang amat tinggi.

Jika seekor angasa saja memiliki sikap kasih sayang yang sangat tinggi kepada sesama angsa, tapi kenapa terkadang kita sebagai manusia malah tidak peduli kepada sesama yang sedang dalam kesulitan dan membutuhkan pertolongan???? Terkadang juga manusia ada yang merasa tidak puas denagn satu pasangan saja dan kemudian melakukan perselingkuhan. Sungguh sangat miris sekali. Semoga kita tidak termasuk di dalamnya. Amiiiinnnn.....

Tidak ada komentar:

Posting Komentar